Senin, 22 November 2010

Mitra Jasa Laundry dan Dry Cleaning

Daniel Pangondian   (21210675)
M. Luthfi Affandi     (24210134)
Resya Nurul Pasha  (25210775)
Rizka Suci Ultari      (26210110)


1EB20


Kata Pengantar

Dengan mengucap Syukur Alhamdulillah, kami telah berhasil menyelesaikan makalah dalam rangka tugas mata kuliah Pengantar Bisnis meskipun menemui beberapa kendala dan kesulitan.
 
Karenanya, mohon dimaklumi apabila masih terdapat beberapa kesalahan dalam makalah tentang Mitra Jasa Laundry and Dry Cleaning ini.
 
Semoga makalah singkat ini dapat berguna bagi siapapun yang membacanya.



Penyusun


















DAFTAR ISI


Kata Pengantar…………………………………………………………………………………….
Daftar Isi……………………………………………………………………………………………
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang……………………………………………………………………….
B. Tujuan…………………………………………………………………………………
BAB II PEMBAHASAN
A. Analisis……………………………………………………………………………..
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan………………………………………………………………………….
B. Saran…………………………………………………………………………………


















BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Semaraknya usaha jasa laundry di kalangan masyarakat membuat kami penasaran dan ingin lebih mengetahui proses pelayanan jasa dalam bentuk ini. Tak jarang kami menemukan perusahaan laundry yang berbeda hanya berselang beberapa tempat saja.
 

B. Tujuan
Tujuan kita melakukan obserfasi ini adalah khususnya mengerjakan tugas Pengantar Bisnis dan umumnya untuk lebih mengetahui tentang dunia usaha.






















BAB II
PROSES PRODUKSI

A. Analisis

Mitra Jasa Laundry and Dry Cleaning merupakan satu dari sekian banyak jasa laundry yang ada di daerah Bekasi. Perusahaan perseorangan yang dibentuk oleh satu keluarga ini awalnya hanya berdasar atas keyakinan mereka yang dirasa memiliki skill di bidang cuci-mencuci dan siap untuk bersaing dalam bidang ini. Mitra sendiri dibangun ….. tahun yang lalu.
 
Karena usaha laundry ini merupakan usaha keluarga, dari manajemen hingga proses pelayanan semua ditimpahkan pada anggota keluarga. Termasuk karyawannyapun adalah anggota keluarga sendiri. Berikut gambar plangnya.


1. Bapak pertama kali mendirikan usaha laundry ini, pertamanya atas dasar apa?
Saya mendirikan usaha laundry ini dasar pertamanya adalah karena saya dan keluarga saya memiliki skill dibidang ini. Dan bidang ini pula kami sangat siap untuk bersaing.
2. Karena perusahaan ini bergerak dibidang jasa laundry, sabunnya bapak membuatnya sendiri atau membeli dari supplier tertentu?
Untuk sabunnya, kami buat sendiri. Pada awal pencucian menggunakan deterjen khusus. Dan pada saat fase pengeringan menngunakan campuran sabun (terutama sabun mandi) untuk selalu menjaga kualitasnya.
3. Tempat laundry ini setiap harinya buka dari jam berapa dan tutupnya jam berapa pak?
Kami buka setiap harinya mulai dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam.
4. Dalam usaha ini, bapak menggunakan karyawan atau cukup keluarga saja yang menjalankan?
Untuk saat ini kami tidak menggunakan karyawan, cukup dikerjakan sendiri oleh keluarga.
5. Pak, bapak punya inisiatif untuk menempatkan lokasi laundry di sini, alasannya apa? Apa karena tempatnya yang strategis dengan lokasi warga ataukah bapak mempunyai sasaran lain?
Alasannya karena lokasi di sini strategis dan dapat dengan mudah dijangkau oleh warga sekita, selain itu kami mempunyai sasaran yaitu untuk para warga yang berstatus pegawai atau karyawan yang banyak berdomisili di daerah ini, karena mereka terlalu sibuk sehingga tidak memilki waktu luang untuk mencuci pakaian mereka.
6. Harga jasa untuk melaundry disini kisaran berapa pak? Dan jasa apa yang biasanya sering digunakan pelanggan?
Jasa yang paling sering digunakan pelanggan adalah jasa pencucian kaos, jas, jaket, permadani. Harganya yaitu ;
Kaos : 5000/potong
Jas : 8000/potong
Jaket : 9000/potong
Permadani /meter : 2500
Dan ada lagi jasa lain yang sering digunakan oleh pelanggan yaitu dry cleaning yang harganya 2x lipat harga laundry.
7. Jumlah pelanggan dalam 1 hari biasanya berapa pak?
Jumlah pelanggan kami per 3 hari 2 pelanggan. Dalam 1 hari 3 potong dengan harga yang variatif (kaos, jaket, jas). Jadi kira-kira perbulan 90 potong.
8. Kiat-kiat apasaja agar pelanggan tetap tertarik untuk melaundry disini?
Kiat-kiatnya hanya :
Menjaga kualitas dalam pencucian
Tepat waktu dalam menyelesaikan cucian
Tidak mementingkan kuantitas
9. Bagaimana persaingan antar tempat jasa laundry yang terjadi disini?
Walaupun disini semakin banyak pesaingnya tapi tetap bersaing secara sehat
10 Prospek bapak untuk kedepannya bagaimana?
Prospek untuk kedepan berencana akan :
Memperbanyak cabang
Peningkatan kualitas

















Berikut adalah proses produsi jasa pencucian di Mitra Jasa Laundry and Dry Cleaning:
Ini adalah proses pencucian.

Setelah di cuci pakaian akan di jemur.

Setelah kering pakaian akan di setrika.







Setelah di setrika pakaian akan di gantung di lemari.

Lalu yang terakhir akan dikemas dengan plastik.




















BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan

Mitra Jasa Laundry and Dry Cleaning yang bermula dari perusahaan perseorangan biasa, dengan usaha dan kerahan yang besar dapat menjadi jenis usaha berprospek baik dan menjanjikan. Dengan memberikan kualitas dan pelayanan jasa yang maksimal, Mitra Jasa Laundry and Dry Cleaning tetap bertahan dengan bentuk usaha laundry satuan.

1 komentar:

  1. ini analisis tenta Laundry yang ane cari bos, muter-muter baru ketemu, trims info Analisis Laundry

    BalasHapus

Total Tayangan Halaman